Trik SEO Terbaru 2018 Agar Artikel Bisa Masuk Halaman Pertama

By | October 15, 2018

Masbloger.com Saya yakin jika Anda sudah membuka artikel ini berarti sudah faham mengenai apa itu SEO. Jika belum, SEO adalah Search Engine Optimization atau peng-optimalan mesin pencari. Bisa itu Google, Bing, Yandex dan masih banyak lagi, namun 3 search engine tersebut yang paling banyak peminatnya.

Belajar SEO @2018 - Masbloger.com

Belajar SEO @2018 – Masbloger.com

Buat Apa Sih SEO? Apa Sih Untungnya?

Seperti namanya, tujuannya adalah mengoptimalkan blog / website kita di mesin pencarian. Hasilnya, artikel kita bisa berada pada halaman pertama, otomatis artikel kita dengan mudah dapat ditemukan. Ujung-ujungnya visitor akan dengan mudah berdatangan. Anda pasti gak mau kan kalau sudah menulis capek-capek tapi gak ada yang baca? Kecuali blog Anda untuk keperluan private, bukan untuk konsumsi publik.

Oleh karena itu, rasanya SEO itu penting bagi para blogger, apalagi di tahun 2018 ini persaingan semakin ketat. Minimal tau dasar-dasarnya lah. Namun perlu diingat, tidak ada sebuah trik SEO yang pasti membuat artikel Anda bisa bercokol di halaman pertama. Semua blogger punya trik SEO-nya masing-masing, termasuk Saya yang selalu trial error terus, walaupun kebanyakan error nya he..he..he..

Oke, saya rasa sudah cukup intronya tentang trik SEO, sekarang kita masuk ke pembahasan.

Tips SEO Terbaru 2018

Perlu diketahui bahwa algoritma Google selalu berubah-ubah, hingga tahun 2018 ini. Berarti teknik SEO kita pun harus update juga. Semakin lama jika Saya perhatikan, algoritma Google lebih mengutamakan artikel yang enak dibaca dan memberi solusi serta kenyamanan bagi pembaca (User Experience).

Artinya semakin lama artikel-artikel yang berkualitaslah yang mejeng dan awet di halaman pertama (pejwan). Namun bukan berarti artikel yang ada di halaman ke 2 dst itu gak berkualitas. Cuman kadang masih banyak juga Saya temukan artikel yang di pejwan malah kurang asik dibaca.

Faktor Penting SEO Terbaru

Berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam trik SEO terbaru di tahun 2018, bisa Anda coba kalau artikel Anda mau mejeng di pejwan (halaman pertama) :

1. Riset Keyword (Kata Kunci)

Langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah dengan me-riset keyword. Kira-kira Anda mau menulis artikel tentang apa, lalu ingin membidik keyword apa. Semua harus Anda fikirkan di awal. Carilah keyword yang pesaingnya sedikit namun pencariannya banyak.

Hasil penelusuran

Perhatikan juga hasil penelusuran. Usahakan cari keyword yang hasil penelusurannya kurang dari 300.000, artinya semakin tinggi angkanya, semakin banyak kompetitornya, semakin sulit kita menerobos halaman pertama. Ini sebenarnya bukan patokan juga sih, namun dari beberapa hasil percobaan Saya, memang sulit menembus halaman pertama dengan hasil penelusuran diatas 300.000.

Trik SEO terbaru 2018

Perhatikan competitor

Tips SEO selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan kompetitor yang ada pada halaman pertama hasil penelusuran pada keyword yang Anda bidik. Jika sudah dipenuhi oleh web-web besar dan sudah berumur, maka sebaiknya cari keyword yang lain. Atau gunakan “Long Tail Keyword.”

Tools untuk riset keyword

Banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk me-riset keyword, jika Anda pengguna browser chrome, anda bisa download ekstensi keyword everywhere. Menurut saya simple banget dibanding tools yang lain.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan Google Keyword Planner atau ubersuggest. Kedua tools tersebut gratis.

2. Judul

Judul adalah faktor paling penting dalam SEO.

Keyword dalam judul (Keyword on Domain “KOD”)

Google mencari relevansi lewat judul. Oleh karena itu, jangan lupa menyertakan keyword dalam judul.

Misalnya Anda membidik keyword “Jual Batik”, maka judul yang bagus adalah “Jual Batik Trendy Murah Meriah”. Nantinya keyword yang akan masuk bukan hanya jual batik, tetapi bisa juga jual batik murah, jual batik trendy, batik murah, batik trendy.

So, semakin banyak keyword yang masuk, otomatis akan membuka banyak pintu masuk untuk visitor mengunjungi artikel Anda, melalui variasi keyword tersebut. Para pakar biasa menyebut trik SEO ini dengan istilah ”Long Tail Keyword.”

Judul yang mengundang klik (clickbait)

Buatlah judul se-menarik mungkin, yang bisa mengundang pengunjung untuk nge-klik artikel Anda. Itu adalah tips SEO selanjutnya. Saya sendiri suka nge-klik artikel yang judulnya menarik, sekalipun itu urutan ke-4 atau ke-5 di Google.

Contoh : Artikel Anda judulnya “Jual Batik” ada di-urutan pertama, sedangkan urutan yang ke-4 judulnya “Cuci Gudang : Jual Batik Trendy Murah Meriah”. Kira-kira pengunjung mau klik yang mana? Mayoritas akan klik yang urutan ke-4. Ini adalah bagian dari strategi marketing juga.

Namun perlu diperhatikan juga, dalam membuat judul jangan terlalu heboh. Apalagi judul tidak sesuai sama isi konten.

3. Deskripsi

Buatlah deskripsi yang menarik dan mengundang minat pembaca untuk masuk ke blog Anda. Tulis sejelas mungkin tentang apa yang tertuang dalam artikel Anda, tidak perlu panjang-panjang. Cukup singkat, padat dan jelas.

Jangan lupa untuk menyertakan keyword yang Anda bidik dalam deskripsi ini. Namun perlu diingat, cukup sekali saja memasukkan kata kunci pada deskripsi, kalau kebanyakan malah akan jadi “keyword stuffing” atau penumpukan kata kunci. Dimana hal tersebut sudah tidak relevan lagi pada algoritma Google yang baru, dan Google pun tidak menyukainya.

4. Keyword Pada Artikel

Selanjutnya dalam teknik SEO terbaru adalah jangan lupa untuk memasukkan keyword pada artikel yang Anda buat, untuk jumlah maksimalnya usahakan 3% dari keseluruhan artikel. Sekali lagi jangan berlebihan untuk memasukkan keyword.

Sebarlah kata kunci pada awal paragraph, tengah dan akhir. Jangan terlalu memaksakan kata kunci pada kalimat, takutnya nanti gak enak dibaca.

Buatlah artikel paling tidak 300 kata, lebih banyak lebih baik, namun tidak bertele-tele.

LSI

LSI adalah singkatan Latent semantic indexing. Anda juga bisa memasukkan kata kunci yang lain (kata kunci pendukung). Caranya Anda bisa menggunakan kata kunci pada penelusuran terkait.

LSI - Trik SEO terbaru 2018
Ini gunanya agar dalam satu artikel anda memiliki banyak variasi kata kunci, dan benar-benar menegaskan tentang apa yang sedang anda tulis.

Kalau Anda ingin menggunakan tools, cobalah pakai LSI Graph. Pemakaiannya sangat mudah, tinggal ketikkan kata kunci, maka keluar semua keyword turunan dan sinonimnya. Dan tool ini pun gratis serta tak perlu registrasi.

5. Heading, Subheading, Minor Heading (Heading Tag)

Dalam sebuah kaidah penulisan, diperlukan namanya Heading (Judul / H1), Subheading (sub-judul / H2) dan seterusnya. Ini sebenarnya berfungsi untuk memudahkan pembaca, agar jelas tentang sub-judul apa yang sedang dibahas. Termasuk dalam penulisan artikel yang SEO Friendly, hal ini pun dibutuhkan.

Jika dalam satu artikel terdapat 1000 kata, dan tidak ada satu sub-judul pun, maka rasanya artikel tersebut kurang enak dibaca. Usahakan gunakanlah sub-judul per 300 kata, tetapi itu semua kembali pada kebutuhan masing-masing. Penempatan subheading yang tepat adalah salah satu trik SEO yang sangat powerful.

Keyword Dalam Subheading

Kalau pada WordPress format sub-judul (H2) adalah Heading 2, sedangkan Blogger (Heading). Usahakan untuk memasukkan keyword pada sub-judul ini, namun tidak mutlak sih. Jika Anda memasukkan keyword pada h2 / h3 / h4, ingatlah selalu untuk tidak berlebihan. Cukup 1 atau 2 subheading saja yang mengandung keyword.

Yang terpenting adalah menggunakan sub-heading pada tempat yang memang memerlukan sub-judul saja. Kalau dalam sebuah artikel tidak memerlukan sub-judul, maka tidak perlu memaksa menggunakan sub-judul, karena akan membuat rancu pembaca. Begitupun penggunaan kata kunci dalam subheading ini, kalau memang tidak memerlukan keyword dalam subheading, maka jangan dipaksakan. Takutnya malah jadi tidak enak dibaca.

6. Internal & External Linking

Selanjutnya yang gak kalah penting adalah internal linking. Artinya memasukkan link dalam satu website yang masih terkait. Internal linking ini berfungsi untuk saling menguatkan satu sama lain. Biasanya saya membuat internal link ke artikel yang masih satu tema atau terkait.

External link adalah link yang mengarah keluar blog kita. Untuk blog baru disarankan selalu memasukkan minimal sebuah link yang mengarah keluar ini. Artinya blog kita merujuk kepada situs-situs besar yang sudah terpercaya di mata search engine.

Inti dari penggunaan linking ini adalah “Relevansi.” Pada update tahun ini Google mengutamakan relevansi. Termasuk internal dan external link juga harus relevan. Tujuannya adalah memberikan pembaca informasi tambahan yang masih terkait satu sama lain. So, konten Anda menjadi lebih kaya.

Teknik SEO ini sangat mujarab kalau diterapkan secara tepat sasaran. Cobalah!

Contoh Linking dalam sebuah artinel:

  • Buatlah 1 link yang mengarah kepada artikel itu sendiri
  • Buatlah 1 link yang mengarah ke Homepage
  • Buatlah 2 link yang mengarah kepada artikel lain pada blog Anda (yang masih terkait)
  • Buatlah 2 link yang mengarah ke luar website Anda (Wikipedia, wikihow dll), sebisa mungkin yang masih satu tema dengan tulisan Anda.

Buatlah semua link diatas dofllow ya, agar bisa terindex oleh goolge.

7. URL/Permalink/SLUG

Faktor penting selanjutnya dalam trik SEO terbaru adalah URL. Setting URL dengan memasukkan kata kunci di dalamnya. Untuk wordpress bisa setting di slug-nya, sedangkan blogger pada permalink. Usahakan url jangan terlalu panjang, namun harus tetap memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.

Contoh: Judulnya “Cuci Gudang : Jual Batik Trendy Murah Meriah”. Maka permalink otomatisnya akan menjadi: /cuci-gudang-jual-batik-trendy-murah-meriah/

Sebaiknya setting saja menjadi: /jual-batik-trendy-murah/ itu saja sudah cukup.

Jangan: /batik/ itu contoh yang salah. Terlalu singkat dan kurang informatif.

8. Optimasi Gambar

Usahakan dalam satu artikel Anda menggunakan minimal 1 gambar / foto. Gunanya agar pembaca tidak jenuh hanya melihat tulisan saja. Selain itu juga bisa mendapatkan peluang melalui pencarian gambar. Jika jumlah kata lebih dari 1.000, buatlah 2 gambar, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Untuk optimasi gambar agar lebih SEO friendly, jangan lupa untuk memasukkan keyword kedalamnya. Caranya untuk blogger, klik pada gambar, lalu property isi title dan alt title nya.

Jika sulit menentukan title dan alt title, copy saja judul artikel Anda yang sudah mengandung keyword ke title dan alt title.

Terkadang untuk artikel yang sifatnya tutorial, itu memerlukan banyak gambar agar lebih memudahkan pembaca. Silahkan saja, karena memang artikel tutorial memerlukan banyak gambar sebagai panduan untuk memudahkan pembaca. Kecuali jika artikel yang tidak perlu menggunakan gambar, sebaiknya gunakan 1 gambar saja sudah cukup sebagai pemanis. Jangan sampai sebuah konten isinya hanya gambar tanpa teks.

9. Submit ke Google Search Console

Setelah artikel anda dipublikasi, jangan lupa untuk meng-index ke Google Search Console. Anda bisa Kesini, atau fecth pada Google Search Console: Perayapan => Fetch as Google. (Anda harus sudah terdaftar dalam Webmaster)

10. Backlink

Nah, ini faktor yang sangat penting dalam trik SEO terbaru. Backlink bisa mendongkrak Artikel menjadi pejwan dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu banyak orang yang suka memburu backlink.

Beberapa master membuat blog dummy untuk membuat backlink, ada juga yang menggunakan PBN, ada juga yang menulis pada blog lain (guest post), ada juga yang tulis link pada komentar dll. Usahakan mendapat backlink yang dofollow pada situs besar.

Terserah bagaimana cara Anda dalam mendapatkan backlink, Saya tidak bisa membahas secara rinci disini, namun cara paling alami adalah dengan tidak mencari backlink. Kalau artikel Anda berkualitas, pasti orang lain akan menjadikan artikel Anda sebagai rujukan mereka. Biarkan orang lain yang secara sukarela merujuk situs Anda sebagai external link mereka. Sejauh ini, cara alami lah yang paling aman dan bebas penalty dari si mbah.

Jangan sampai Anda membangun link pada situs yang tidak relevan dengan situs Anda. Kuncinya adalah, lebih baik backlink sedikit, relevan dan berkualitas, daripada banyak, tidak relevan dan berkualitas rendah.

Leave a Reply