Tips Melacak HP Hanya Dengan IMEI, Bisakah? Nah, Ini Faktanya!

By | April 30, 2019

MasblogerTips Melacak HP Hanya Dengan IMEI, Bisakah? Nah, Ini Faktanya! – IMEI alias International Mobile Equipment Identity pasti ada di setiap smartphone yang kita gunakan selama asli.

Terdiri dari 15 atau 16 digit angka, tidak ada HP yang memiliki IMEI sama. Kata orang, IMEI bisa digunakan untuk melacak HP.

Benarkah ada cara melacak HP dengan IMEI? Simak ulasan Kami berikut ini untuk mengetahui fakta sebenarnya!

Cara Menggecek IMEI

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor IMEI yang dimiliki oleh handphonemu.

Yang paling gampang adalah dengan menggunakan *#06# melalui keypad nomor. Nantinya, kamu akan mendapat informasi pop-up yang menampilkan nomor IMEI kamu.

Kamu juga bisa mengetahuinya dengan mencarinya di pengaturan ataupun cukup melihat kotak handphonemu, jika IMEI-nya masih berada di kotaknya.

Bisakah IMEI Digunakan Untuk Melacak HP?

Salah satu tujuan dibuatnya IMEI adalah untuk mengurangi tingkat pencurian handphone. Akan tetapi, bukan berarti kita bisa mencarinya sendiri dengan menggunakan aplikasi gratis.

Banyak aplikasi yang mengatakan bisa melacak lokasi HP hanya melalui IMEI, baik yang tersedia di Play Store maupun tidak.

Kami sudah mencoba beberapa cara dan metode, tapi tidak ada satupun yang berhasil melacak lokasi HP secara tepat.

Percobaan-Percobaan Yang Sudah Dilakukan

cara-melacak-hp-dengan-imei-1

Kami berusaha membuktikan bahwa IMEI bisa digunakan untuk melacak nomor HP. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Android.

Yang pertama adalah IMEI Tracker. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan memiliki nilai 3.5 dengan jumlah unduhan lebih dari satu juta kali.

Aplikasi ini memiliki fitur yang menarik. judi online Jadi, kita bisa mengaktifkan fungsi di mana kita bisa mendapatkan lokasi HP kita ketika hilang.

Caranya, adalah dengan menggunakan SMS. Kamu harus meminjam HP temanmu dan mengetikkan kata getlostphone.

Setelah mengetikkan pesan tersebut ke nomor HP kita yang hilang, seharusnya kita akan mendapatkan balasan pesan yang menjelaskan lokasi HP kita.

Kenyataannya, Kami tidak mendapatkan balasan apapun setelah menunggu beberapa saat. Bahkan dari hasil riset, ada yang pernah berhasil tapi harus menunggu kurang lebih satu bulan.

cara-melacak-hp-dengan-imei-2

Aplikasi kedua yang Kami coba adalah AntiTheft APP & IMEI Tracker yang hanya tersedia di APK Pure.

Aplikasi ini berisikan banyak iklan yang lumayan mengganggu. Kita hanya diminta untuk memasukkan nomor IMEI untuk mengetahui lokasi kita.

Hasilnya? Pada awalnya, aplikasi ini terlihat berhasil karena menunjukkan lokasi handphone dengan benar.

Akan tetapi, ketika dicoba menggunakan IMEI yang berada jauh dari tempat Kami, aplikasi ini menampilkan lokasi yang sama dengan lokasi sebelumnya.

Kami sempat me-refresh aplikasi untuk menguji ulang, akan tetapi aplikasi ini tetap menampilkan lokasi awal kita, yang kemungkinan besar adalah lokasi handphone yang menggunakan aplikasi tersebut.

Dari dua percobaan tersebut, Kami menyimpulkan bahwa kita tidak bisa melacak nomor HP dengan menggunakan IMEI. Mengapa ini bisa terjadi?

Alasan IMEI Tidak Bisa Digunakan untuk Melacak HP

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk melacak HP adalah dengan memanfaatkan yang namanya GPS.

Dengan GPS, kita bisa mengetahui posisi handphone kita selama masih tersambung dengan jaringan internet.

Sedangkan IMEI hanyalah sebagai nomor identitas pada smartphone kita, mirip dengan NIK yang ada di e-KTP kita.

Oleh karena itu, IMEI Tidak bisa digunakan untuk melacak nomor. Tapi, enggak sepenuhnya gitu loh, geng!

Cara Melacak HP Dengan IMEI

Kita bisa memanfaatkan IMEI untuk mencari smartphone kita, tapi tidak menggunakan aplikasi atau teknologi khusus.

Yang bisa kita lakukan adalah membawanya ke provider atau customer service operator kita agar pihak provider bisa membantu menemukan handphone kita berdasarkan nomor IMEI.

Bahkan, provider bisa membuat pengguna handphone kita tidak bisa mengakses jaringannya dan memasukkannya ke dalam blacklist.

Cara yang lain adalah dengan membawanya ke pihak kepolisian dan membuat laporan surat kehilangan. Buktikan handphonemu adalah benar-benar milikmu dengan IMEI sebagai barang buktinya.

Sumber : Jalantikus