Tips Cara Membeli Smartphone Online Yang Aman dan Terpercaya

By | September 12, 2019
Tips Cara Membeli Smartphone Online Yang Aman dan Terpercaya

Tips Cara Membeli Smartphone Online Yang Aman dan Terpercaya

Tips Cara Membeli Smartphone Online Yang Aman dan TerpercayaDengan peran pentingnya yang selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas sehari-hari, smartphone menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk membeli smartphone yaitu dengan cara ofline ataupun dengan membeli melalui media online. Lalu, membeli smartphone secara online apakah aman?

Pertanyaan berikut pasti seringkali dilontarkan oleh para calon pembeli yang ingin membeli smartphone melalui online akan tetapi masih ragu dengan keamanannya. Nah, beberapa tips berikut ini bisa jadi sangat berguna bagi Anda yang ingin membeli smartphone secara online. Inilah Tipsnya 🙂

Resiko Membeli Smartphone Secara Online

Tidak dapat dipungkiri ketika memutuskan untuk membeli smartphone secara online, pasti terdapat resiko-resiko yang menghantui para calon pembeli. Yang pada umumnya, resiko ini bisa diakibatkan dari tindak kejahatan ataupun kelalian dari si penjual.

Banyak sekali kasus penipuan yang melibatkan jual beli secara online yang tentunya membuat resah dari para calon pembeli. Penipuan yang terjadi biasanya berupa uang yang sudah terlanjut di transfer akan tetapi barang tidak sampai ketangan pembeli, dan cacat barang yang ada pada unit smartphone yang diperjual belikan.

Namun, bukan tidak mungkin resiko membeli smartphone secara online tersebut tidak dapat dihindari bukan?

1. Tentukan Dahulu Smartphone Yang Anda Inginkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika membeli smartphone secara online adalah menentukan terlebih dahulu tipe smartphone seperti apa yang ingin Anda beli. Pastikan dahulu semua harga dan yang terpenting adalah spesifikasinya. Jadi, ketika membeli Anda sudah mengetahui hp mana yang menjadi sasaran Anda dan bagaimana spesifikasinya.

2. Transaksi Melalui Situs Jual Beli Terpercaya

Kemudian, yang kedua adalah lakukan transaksi melalui situs jual beli online yang terpercaya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali situs jual beli online yang sudah memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pelayanan bagi para pelanggan mereka. Dan situs jual beli online tersebut juga telah memiliki jumlah pelanggan setia yang tidak sedikit.

Untuk mengurangi resiko mengalami penipuan hendaknya Anda haru melakukan jual beli di situs online yang memang sudah memiliki reputasi sehingga peluang kejahatan pun akan semakin minim karena mereka memiliki reputasi yang tidak mungkin disepelekan begitu saja.

3. Survey Toko Online Terpercaya

Tips selanjutnya adalah dengan mencari toko online yang memang terpercaya. Anda bisa melakukan survey sebanyak mungkin mengenai toko online yang memang menjual barang atau jenis smartphone yang Anda cari. Dan pastikan apakah toko online tersebut bisa dipercaya.

Anda bisa menilai hal itu dari review pelanggan yang pernah membeli barang dari toko tersebut. Review pelanggan agaknya dapat memberikan gambaran kepada Anda apakah toko yang Anda putuskan sebagai tempat membeli smartphone yang Anda inginkan terpercaya atau tidak.

4. Pastikan Lokasi Toko

Setelah memastikan toko online terpercaya atau tidak, Anda juga bisa menambah tingkat kepercayaan Anda terhadap suatu toko online dengan memastikan alamat atau domisili dari toko online tersebut. Usahakan untuk mencari toko online yang memang tidak jauh dari tempat tinggal Anda.

Minimal, toko online yang Anda bidik setidaknya masih berada dalam satu kota dengan Anda sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa langsung mengklaim hal tersebut di toko yang bersangkutan.

5. Klaim Garansi

Dan yang terakhir adalah usahakan ketika membeli smartphone secara online, Anda mendapatkan garansi yang diberikan oleh penjual walaupun garansi tersebut berjangka waktu mingguan atau bulanan saja. Karena ketika ada garansi Anda bisa mengklaim ketidak cocokan Anda atau kerusakan yang terjadi pada produk yang Anda beli terhadap toko tersebut.