Inilah Film Yang Selalu Tayang Ketika Natal Tiba, Apa Aja Sih Film Tersebut

By | December 26, 2019

Inilah Film Yang Selalu Tayang Ketika Natal Tiba, Apa Aja Sih Film TersebutHari raya Natal identik dengan banyak hal, mulai dari sinterklas, tumpukan kado, pohon cemara, salju, dan lain sebagainya.

Karena di Indonesia hari tersebut merupakan hari libur, banyak stasiun TV yang menayangkan film untuk menemani liburan.

Tapi kamu sadar enggak sih kalau film yang tayang ketika natal selalu sama? Jaka punya beberapa daftarnya yang populer banget!

Film Yang Akan Tayang Setiap Natal

Daftar film yang ada di bawah ini tidak semuanya bertemakan Natal. Akan tetapi, bisa dipastikan film-film berikut selalu ada ketika Natal tiba.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar filmnya!

1. Home Alone (1990)

Film pertama yang ada di daftar ini adalah Home Alone. Jaka yakin kamu pasti pernah nonton film ini setidaknya satu kali seumur hidup.

Kita akan melihat bagaimana Kevin McCallister (Macaulay Culkin) yang berusia delapan tahun berada di rumah sendirian ketika keluarganya terbang ke Paris saat liburan Natal.

Ia yang awalnya merasa senang karena di rumah sendirian harus berhadapan dengan dua orang pencuri. Kevin pun menyiapkan berbagai jebakan untuk mengerjai para pencuri tersebut.

Setelah dirilis pada tahun 1990, film ini menjadi film komedi terlaris sepanjnag masa sebelum diambil alih The Hangover Part II pada tahun 2011.

Selama hampir tiga dekade, film ini juga menjadi film Natal terlais sepanjang masa sebelum dikalahkan film The Grinch pada tahun 2018.

2. The Nightmare Before Christmas (1993)

Diproduksi oleh Tim Burton, film animasi Disney The Nightmare Before Christmas adalah film lain yang selalu tayang ketika Natal tiba.

Film ini bercerita tentang raja Halloween Town bernama Jack Skellington yang tanpa sengaja masuk ke portal Christmas Town.

Fakta menarik, film ini berasal dari sebuah puisi yang ditulis oleh Burton saat ia masih bekerja sebagai animator di Walt Disney Feature Animation.

Secara finansial, film ini berhasil mendapatkan keuntungan yang lumayan dan berhasil masuk nominasi Academy Award sebagai Efek Visual Terbaik.

3. Baby’s Days Out (1994)

Dirilis pada tahun 1994, film Baby’s Days Out yang satu ini juga selalu muncul ketika hari Natal tiba. Plot film ini berpusat pada penculikan bayi yang kaya raya.

Pelakunya terdiri dari tiga penculik yang mengincar kekayaan orangtuanya. Ketika mereka berhasil menculik, sang bayi justru sering kabur sehingga menyusahkan pihak penculik.

Meskipun sering kita lihat, nyatanya film ini mengalami kegagalan secara komersil karena pemasukannya yang lebih kecil dari anggaran yang telah dikeluarkan.

Walaupun begitu, film ini benar-benar populer di India dan pasar Asia Selatan lainnya.

4. Jingle All The Way (1996)

Selanjutnya ada film Jingle All the Way yang diperankan oleh aktor senior Arnold Schwarzenegger. Ia berperan sebagai Howard Langston, seorang ayah yang ingin membeli mainan untuk anaknya.

Sayangnya, mainan tersebut sangat laris hingga sangat susah untuk dibeli. Ketika ia menemukan stok terakhir, ia harus berebut dengan Myron Larabee (Sinbad).

Jingle All the Way terinspirasi dari penjualan mainan-mainan Natal yang kerap laris manis. Film ini juga dibuat sebagai sindiran terhadap komersialisasi Natal.

Lokasi film ini diambil di berbagai lokasi di Minneapolis dan Saint Paul, termasuk Mall of America. Parade yang ada di adegan terakhir di ambil di California.

5. How The Grinch Stole Christmas (2000)

Film How the Grinch Store Christmas yang satu ini dibintangi oleh aktor terkenal, Jim Carrey. Film ini dibuat berdasarkan buku karya Dr. Seuss yang dirilis pada tahun 1957.

Karena diadaptasi dari buku anak-anak, banyak penambahan alur untuk memperdalam cerita. Sajak-sajak yang muncul di dalam film juga berasal dari dalam buku.

Film ini dirilis oleh Universal Pictures berhasil menjadi film terlaris keenam pada tahun 2000 dan menjadi salah satu film Natal paling laris sepanjang masa.

6. Elf (2003)

Film Elf yang dibintangi oleh Will Ferrell ini menjadi film tentang Natal selanjutnya di daftar ini. Film komedi ini disutradarai oleh Jon Favreau yang juga menyutradari film Iron Man.

Ceritanya sendiri berpusat pada seorang manusia bernama Buddy yang dibesarkan oleh peri-peri Santa. Lantas, ia melakukan perjalanan ke New York untuk bertemu dengan ayah kandungnya.

Dirilis pada tahun 2003, film ini mendapatkan respon positif dan keuntungan yang besar. Penampilan Ferrel sebagai Buddy the Elf juga mendapatkan apresiasi dari penonton dan kritikus.

Bersama Home Alone, film Elf sering disebut sebagai salah satu film Natal terbaik sepanjang masa.

7. The Polar Express (2004)

Film terakhir yang ada di daftar ini adalah The Polar Express yang rilis pada tahun 2004. Film animasi ini diadaptasi dari buku anak-anak dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang seorang bocah laki-laki yang pada malam natal melihat sebuah kereta misterius menuju Kutub Utara berhenti di jendelanya.

Bocah tersebut diajak untuk bergabung oleh sang kondektur untuk bergabung dengan anak-anak lain yang mau mengunjungi Santa Claus.

Ketika dibuat, film ini memecahkan rekor sebagai film animasi dengan anggaran produksi terbesar dengan angka $165 juta.

Selain itu, film ini juga terdaftar di Guinness World Records 2006 sebagai film all-digital capture pertama di dunia.