Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Pokemon, Ternyata Pokemon Pertama Bukan Pikachu!

By | May 20, 2019
10 Fakta Menarik Tentang Pokemon, Ternyata Pokemon Pertama Bukan Pikachu!

10 Fakta Menarik Tentang Pokemon, Ternyata Pokemon Pertama Bukan Pikachu!

MasblogerInilah 10 Fakta Menarik Tentang Pokemon, Ternyata Pokemon Pertama Bukan Pikachu! Kamu sudah nonton film Detective Pikachu, belum? Coba deh kamu baca dulu fakta-fakta menarik tentang Pokemon yang satu ini!

Pokemon memang seolah tidak pernah ada matinya. Pertama kali rilis pada tahun 1995 (atau 1998 untuk versi Inggrisnya), Pokemon masih memiliki penggemar di seluruh dunia.

Apalagi belum lama ini tayang film Pokemon Detective Pikachu, di mana pemeran Deadpool, Ryan Reynolds, mengisi suara Pikachu.

Hal tersebut menaikkan hype untuk Pokemon secara umum. Oleh karena itu, kami mau kasih kamu 10 fakta menarik tentang Pokemon, geng!

10 Fakta Menarik Tentang Pokemon

Pokemon (yang merupakan singkatan dari Poketto Monsuta/Pocket Monster) awalnya adalah sebuah permainan yang diciptakan Satoshi Tajiri untuk konsol Nintendo, Game Boy.

Sebagai game, pokemon merupakan game tersukses kedua sepanjang setelah serial Mario, yang juga dimiliki oleh Nintendo.

Kesuksesan Pokemon membuatnya merambah ke berbagai media, seperti permainan kartu, anime, manga, mainan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan dalam waralaba, Pokemon menduduki peringkat kedua setelah James Bond dan Transformers, loh!

Inilah 10 fakta menarik tentang Pokemon yang sudah Jaka rangkum dari berbagai sumber!

1. Pokemon Pertama Yang Diciptakan Bukan Pikachu

fakta-menarik-pokemon-1

Mungkin banyak dari kamu yang menebak bahwa pokemon pertama yang diciptakan adalah pokemon populer seperti PikachuBulbasaur, atau Charmender.

Ternyata, pokemon pertama yang diciptakan adalah Rhydon! Meskipun dibuat pertama, pokemon yang memiliki bentuk seperti badak ini memiliki nomor indeks 112.

2. Asal Mula Nama Pikachu

fakta-menarik-pokemon-2

Tentu untuk popularitas, Pikachu jadi pilihan nomor satu. Tapi, apakah kamu tahu dari mana nama Pikachu berasal?

Ternyata, nama tersebut merupakan gabungan dari suara pika pika yang dihasilkan oleh percikan listrik dan chu yang digunakan untuk menggambarkan decitan tikus dalam bahasa Jepang.

3. Nama Pokemon Berbau Spanyol

fakta-menarik-pokemon-3

Pokemon berasal dari Jepang, sehingga wajar jika ada pokemon yang berbau bahasa Jepang. Tapi ada, loh, pokemon yang menggunakan bahasa lain seperti Spanyol.

Contohnya adalah pokemon legendaris ArticunoZapdos, dan Moltres. Akhiran nama mereka merupakan angka satu sampai tiga (uno, dos, tres) dalam bahasa Spanyol.

4. Nama Pokemon Yang Terinspirasi dari Ahli Bela Diri

fakta-menarik-pokemon-4

Kamu tahu Pokemon jenis fighter yang bernama Hitmonchan dan Hitmonlee? Coba tebak, dari mana nama mereeka berasal?

Perhatikan bagian belakang nama mereka. Kamu pasti menyadari bahwa kedua pokemon tersebut terinspirasi dari dua aktor bela diri yang sangat terkenal, yakni Jackie Chan dan Bruce Lee.

5. Pikachu dan Meowth Benar-Benar Berlawanan

fakta-menarik-pokemon-5

Siapa musuh abadi dan terbesar Pikachu dalam serial animenya? Siapa lagi kalau bukan Meowth milik tim Rocket.

Banyak sekali hal yang berlawanan dari mereka. Contohnya, Pikachu terlihat seperti tikus dan Meowth terlihat seperti kucing.

Selain itu, Pikachu memiliki nomor indeks 25, dimana Meowth memiliki nomor indeks 52 yang merupakan kebalikannya.

Bahkan, Meowth bisa berbicara bahasa manusia, sedangkan Pikachu hanya bisa berkata pikapika.

6. Ditto Merupakan Tiruan Mew yang Gagal

fakta-menarik-pokemon-6

Terdapat sebuah mitos di dunia Pokemon bahwa manusia berusaha membuat tiruan Mew. Namun, upaya ini gagal dan justru menciptakan Pokemon slime yang bernama Ditto.

Tapi kita semua tahu, bahwa pada akhirnya manusia bisa membuat tiruan Mew dengan membuat Mewtwo.

7. Asal Mula Nama Ekans dan Arbok

fakta-menarik-pokemon-7

Kalau kamu suka nonton anime Pokemon generasi pertama, pasti tahu salah satu pokemon andalan dari tim Rocket adalah Ekans yang bisa berevolusi menjadi Arbok.

Coba deh kamu balik nama kedua pokemon itu. Ekans jika dibalik menjadi snake, dan Arbok menjadi kobra. Enggak kepikiran, ya?

8. Maskot Pokemon Awalnya Bukan Pikachu

fakta-menarik-pokemon-8

Jika kita bertanya kepada sembarang orang, “pokemon apa yang menjadi maskot?” pasti banyak yang menjawab Pikachu dan itu memang benar.

Tapi pada awalnya, maskot dari pokemon adalah Clefairy, pokemon berwarna merah muda yang menggemaskan. judi online

Mungkin pihak Pokemon menggantinya karena Clefairy terlalu feminim, sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan Pikachu.

9. Cara Membedakan Pikachu Jantan dan Betina

fakta-menarik-pokemon-9

Tahukah kamu bahwa Pikachu bisa berjenis kelamin jantan maupun betina? Perbedaan ini bisa kamu temukan hanya dengan sekali lihat, loh!

Perhatikan bentuk ekornya. Jika ujung ekornya berbentuk tajam, maka ia jantan. Sebaliknya, jika berbentuk seperti hati, maka ia betina.

10. Eevee Memiliki Paling Banyak Jenis Perubahan

fakta-menarik-pokemon-10

Pokemon yang paling banyak memiliki variasi untuk berubah adalah Eevee. Pada generasi pertama, ia hanya memiliki tiga varian, yakni Vaporeon (air), Jolteon (listrik), dan Flareon (api).

Pada perkembangannya, Eevee memiliki lima varian perubahan tambahan, yakni Espeon (physic), Umbreon (dark), Glaceon (ice), Sylveon (fairy), dan Leafeon (grass).

Sehingga, total perubahan yang dimiliki Eevee adalah 8 perubahan. Catatan tambahan, nama Eevee jika dibalik tetap Eevee.