Daftar Bos Teknologi Paling Kaya Yang Berasal Dari Negara China

By | January 7, 2020
Daftar Bos Teknologi Paling Kaya Yang Berasal Dari Negara China

Daftar Bos Teknologi Paling Kaya Yang Berasal Dari Negara China

Daftar Bos Teknologi Paling Kaya Yang Berasal Dari Negara China – Bukan cuma CEO teknologi Amerika yang kekayaannya kebanyakan angka nol, geng! Di sini kami mau membahas 7 bos teknologi paling kaya asal China!

Memasuki tahun baru dan dekade baru 2020, kita prediksi kita akan melihat dunia teknologi yang porosnya akan semakin bergerak dari dunia barat ke dunia timur, geng!

Di beberapa tahun terakhir saja, kita sudah banyak melihat dunia HP yang lambat laun semakin dikuasai oleh brand HP China, termasuk di Indonesia.

Kesuksesan perusahaan teknologi China ini tentunya berhasil mencetak bilyuner-bilyuner asal China yang kekayaannya menyaingi figur dari Amerika Serikat.

Daftar Bos Teknologi Paling Kaya Yang Berasal Dari Negara China

Buat yang pernah jalan-jalan ke Shenzhen, kota yang disebut sebagai Silicon Valley dunia timur, pasti sudah tahu kalau China nggak main-main soal teknologi.

Sejak reformasi ekonomi China di akhir tahun 70-an, perkembangan teknologi di China berkembang dengan sangat pesat yang sampai saat ini masih diutamakan oleh Presiden Xi Jinping.

Kesuksesan inovasi teknologi dari China memiliki dampak positif pada ekonomi China, terutama untuk bos-bos teknologi yang akan kita bahas di artikel ini.

1. Jack Ma

Di posisi pertama, ada sosok Jack Ma yang eksentrik dan salah satu bos teknologi terkejam di dunia yang juga merupakan pendiri utama Alibaba Group.

Sejak pertama kali didirikan di 1999 sebagai penyedia layanan jual beli online, Alibaba Group sekarang sudah menjadi konglomerat terbesar di dunia, geng!

Meskipun Jack Ma sendiri sudah mundur dari posisi CEO Alibaba Group di bulan September 2019, dia masih menjadi pemilik saham terbesar di perusahaan tersebut.

Dilansir dari Forbes, Jack Ma memiliki total kekayaan sebesar 38,2 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp533 triliun, geng!

2. Ma Huateng (Tencent)

Mengekor Jack Ma, kita punya Ma Huateng yang juga sering dipanggil Pony Ma, salah satu pendiri Tencent yang saat ini juga menjabat sebagai CEO.

Sejak didirikan di tahun 1998, Tencent sudah berubah menjadi perusahaan konglomerat tapi mereka paling dikenal berkat sepak terjang mereka di dunia video game.

Perusahaan ini merupakan pemilik dari Riot Games yang berada di belakang game MOBA populer League of Legends dan memiliki saham di banyak developer lain.

Dilansir dari Forbes, Pony Ma memiliki total kekayaan sebesar 36 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp502 triliun.

Banyak media yang sudah menyatakan kalau lomba untuk menjadi orang terkaya di China itu terbatas di dua sosok Ma saja, Jack Ma dan Pony Ma, geng!

3. Colin Huang

Setelah duet sosok senior Jack Ma dan Pony Ma, kita memiliki pendatang baru Colin Huang, pendiri dan CEO situs jual beli online grosir Pinduoduo.

Meskipun baru didirikan di tahun 2015, situs Pinduoduo berhasil membuat gebrakan di dunia e-commerce di China melalui sistem yang sangat unik.

Di sini, pengguna diajak untuk mencari teman yang ingin membeli barang yang sama untuk mengurangi harga barang yang ingin dibeli, geng!

Ide cemerlang ini berhasil memberikan Colin Huang total kekayaan sebesar 21,2 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp295 triliun.

Selain itu, jumlah kekayaan tersebut berhasil membuat Colin sebagai anak generasi 80-an pertama yang masuk ke jejeran 10 orang terkaya di China di peringkat 7.

4. Ding Lei

Kedua nama ini mungkin agak asing di telinga kita tapi Ding Lei selaku pendiri dan CEO dari NetEase adalah pemain besar di dunia video game China.

Didirikan di tahun 1997, NetEase adalah developer dari seri game MMORPG Westward Journey yang merupakan salah satu seri MMORPG terpopuler di China.

Selain itu, NetEase juga bekerja sama dengan Marvel untuk membuat superhero asli China dan mengembangkan game tentang superhero tersebut.

Kesuksesan NetEase di China berhasil membuahkan Ding Lei total kekayaan sebesar 17,2 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp239 triliun, geng!

5. Zhang Yiming

Satu lagi sosok muda generasi 80-an yang berhasil masuk ke daftar ini adalah Zhang Yiming, pendiri dan CEO dari perusahaan ByteDance.

Kalau nama itu masih agak asing di telinga kalian, kita yakin kalian sudah kenal dengan salah satu produknya, layanan media sosial dan video TikTok.

Sejak didirikan di tahun 2012, kesuksesan TikTok, terutama setelah digabungkan dengan Musical.ly, menjadikan ByteDance sebagai startup paling sukses di dunia.

Meskipun baru berumur 36 tahun, Zhang Yiming sudah memiliki total kekayaan sebesar 16,2 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp225 triliun, geng!

6. Tony Zhang

Sebagai bukti kesuksesan Tencent, nggak cuma Pony Ma yang muncul di daftar ini karena dia ditemani oleh mantan Chief Technical Officer (CTO) Tencent, Tony Zhang.

Sebagai salah satu teman kuliah Pony Ma di Shenzen University, Tony Zhang adalah salah satu pendiri perusahaan yang sering terlibat kasus hukum itu, geng.

Berbeda dengan Pony Ma yang sampai sekarang masih aktif di Tencent, Tony Zhang sudah pensiun dari tahun 2014 tapi masih terkadang muncul di acara Tencent.

Sebagai salah satu pendiri Tencent, dia memiliki saham di perusahaan tersebut dengan kekayaan total sebesar 12,2 milyar dollar Amerika atau sekitar Rp170 triliun.

7. Lei Jun

Ayo ngaku, siapa yang saat ini sedang membaca artikel ini di HP buatan Xiaomi, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun?

Meskipun baru berdiri di tahun 2010, Xiaomi sekarang sudah menjadi brand HP kelima terbesar di dunia dengan market share 8% berkat harga yang sangat agresif.

Selain Xiaomi, Lei Jun juga merupakan pendiri Kingsoft, perusahaan dibalik salah satu aplikasi alternatif terbaik Microsoft Office, WPS Office.

Sepak terjang Lei Jun di dunia perangkat keras dan lunak berhasil membuahkan kekayaan sebesar 8,7 milyar dolar atau sekitar Rp121 triliun.