Cara Mengubah WordPress Nofollow Menjadi WordPress Dofollow

By | August 18, 2019
Cara Mengubah WordPress Nofollow Menjadi WordPress Dofollow

Cara Mengubah WordPress Nofollow Menjadi WordPress Dofollow

Cara Mengubah WordPress Nofollow Menjadi WordPress DofollowKelebihan WordPress.org dibanding WordPress.com adalah diberinya keleluasaan pengguna untuk edit kode seperti PHP, CSS, dan lain-lain. Salahsatu diantaranya adalah kita bisa merubah blog platform WordPress.org yang semula nofollow menjadi blog dofollow. Karena memang untuk merubah nofollow menjadi dofollow pada blog seperti WordPress, kita harus sedikit melakukan perubahan pada script PHP. Namun ada juga cara mudahnya dengan menggunakan Plugin. Tapi saran saya kalau hanya sekedar merubah blog nofollow menjadi blog dofollow sebaiknya jangan menggunakan plugin. Karena untuk merubah nofollow menjadi dofollow di WordPress kita tidak harus banyak mengerti kode. Hanya sedikit saja langkah-langkah untuk merubah blog yang awalnya nofollow menjadi dofollow atau sebaliknya.

Sebelum dilanjut materinya, mari kita bahas dulu apa sih blog nofollow dan dofollow itu? Lalu apa kelebihan serta kekurangannya jika kita merubah status blog nofollow menjadi blog dofollow?

Untuk pembahasan lengkap tentang pengertian blog nofollow dan dofollow serta cara mengetahui blog lain apakah statusnya nofollow atau blog dofollow bisa dilihat pada tulisan sebelumnya tentang Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow. Sekarang saya akan coba menerangkan apa kelebihan / keuntungan serta kekurangan / kelemahan jika blog kita statusnya nofollow serta dofollow.

Kelebihan Jika Status Blog Nofollow Dan Dofollow

Masing-masing status blog antara nofollow dan dofollow mempunyai kelebihan serta kekurangannya. Untuk blog statusnya nofollow kelebihannnya adalah akan disukai atau disenangi oleh search engine seperti Google. Karena intinya blog dofollow itu adalah sebuah blog yang memberikan status link di kotak komentar menjadi dofollow. Artinya membiarkan search engine merayapi link tersebut hingga menjadi sebuah backlink. Dengan mudahnya kita membuat status link di kotak komentar menjadi dofollow, maka Google akan mengganggap blog tersebut telah bertindak SPAM. Maka dari itu blog status nofollow akan lebih disenangi Google daripada blog dofollow.

Karena status blog nofollow, maka kotak komentar tidak akan dipenuhi dengan komentar SPAM atau komentar yang tidak nyambung dengan artikel. Rata-rata blog nofollow komentar-komentarnya berisi dengan komentar relevan dengan artikel. Para pemburu backlink tidak akan memberikan komentar di blog nofollow. Ini artinya, blog status nofollow akan bersih dari komentar-komentar yang hanya bertujuan mencari backlink saja.

Adapun kelebihan blog yang berstatus dofollow adalah blog akan dibanjiri dengan pengunjung-pengunjung pencari backlink. Ini akan berakibat kepada lonjakan trafik dalam sesaat. Blog dofollow komentar artikelnya tidak akan pernah sepi walaupun pemilik blog sama sekali tidak pernah rutin update artikel. Pemburu backlink gratis sudah tidak perduli dengan masalah update artikel, pagerank blog, nilai alexa blog, dan lain-lain. Yang ada dalam pikiran pemburu backlink hanyalah status blog tersebut adalah dofollow. Anda bisa lihat blog status dofollow, pasti minimal jumlah komentarnya adalah 500 keatas.

Kekurangan Jika Status Blog Nofollow Dan Dofollow

Sedangkan kekurangannya untuk blog nofollow adalah blog akan sepi pengunjung. Artikelnya tidak akan dibanjiri dengan komentar. Kecuali jika kita rajin melakukan blogwalking atau memang pemilik blog sudah menjadi blogger terkenal. Namun apalah artinya sebuah komentar, jika komentar tersebut hanya membuat SPAM blog saja.

Kemudian untuk kekurangan blog berstatus dofollow adalah seperti yang sudah diterangkan diatas adalah blog akan dibenci oleh Google. Biasanya blog dofollow nilai alexanya tidak akan stabil. Blog akan dibanjiri dengan komentar-komentar yang tidak bermutu. Banyak yang menulis artikel asal-asalan. Karena memang orang yang menulis komentar di blog dofollow adalah intinya hanya mencari backlink saja.

Setelah mengetahui masing-masing kekurangan serta kelebihan blog nofollow dan dofollow, sekarang pilihan keputusannya terserah Anda. Apakah Anda memilih status blog nofollow atau dofollow?

Berikut Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress

Jika Anda berminat ingin merubah status blognya menjadi dofollow, sekarang saya akan coba terangkan caranya. Cara ini hanya untuk blog CMS WordPress saja, itupun WordPress.org.

Cara merubah nofollow menjadi dofollow di blog WordPress, pertama kita harus login dulu di cPanel Hosting. Karena letaknya kode untuk merubah nofollow menjadi dofollow berada di direktori utama WordPress.

Setelah login di cPanel, buka File Manager dan public_html. Kemudian buka folder wp-includes dan comment-template.php. Setelah itu Anda klik Edit untuk merubah kode tertentu agar blog menjadi dofollow.

"<a href='$url' target=' _blank' rel='external nofollow' class='url'>$author</a>"

Kemudian hapus kata nofollow yang ada didalam comment-template.php.

Sekarang buka lagi direktori utama wp-includes kemudian klik default-filter.php dan Edit.

Didalamnya Anda cari kode php seperti berikut :

add_filter( 'pre_comment_content',      'wp_rel_nofollow'

Kemudian tambahkan kode pada awal kode php tersebut. Terakhir klik simpan dan selesai.

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba tutorial cara merubah nofollow menjadi dofollow khusus di blog CMS WordPress. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya khusus yang membutuhkan.

Sumber : https://info-menarik.net/cara-merubah-nofollow-menjadi-dofollow-di-wordpress/