Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus di Laptop Windows 7/8/10

By | December 15, 2019

Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus di Laptop Windows 7/8/10 – Komputer dan laptop merupakan sebuah perangkat yang serbaguna, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan benda tersebut. Selain bisa digunakan untuk membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih efektif, komputer juga bisa digunakan sebagai media untuk menyimpan berbagai data penting. Dan Hard disk merupakan komponen hardware yang berperan sebagai tempat menyimpan berbagai file yang kalian miliki.

Walaupun komputer adalah sebuah mesin, ia juga masih bisa melakukan kesalahan. Kadang terjadi hal yang tidak diinginkan seperti beberapa data penting hilang secara tiba-tiba. Selain itu kita sebagai manusia juga pasti pernah khilaf. Jika suatu hari tanpa sengaja kita menghapus foto atau video secara tidak sengaja, tentu penyesalanlah yang akan kita rasakan. Namun jangan khawatir, Windows memahami masalah ini dan berusaha memberikan solusi yang dapat membantu kalian.

Jikalau kalian secara tidak sengaja menghapus data penting ataupun ada file yang hilang karena virus, masih ada kesempatan untuk mengembalikannya. Dalam rangka untuk membatalkan file terhapus tersebut kita sebenarnya tidak memerlukan aplikasi tambahan. Windows sudah menyediakan beberapa tools yang sudah disematkan bersama dengan OS nya. Jadi kalian tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan agar bisa mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja.

Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus di Laptop Windows 7/8/10

1. Periksi di Recycle Bin

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa windows sebenarnya sudah menyematkan beberapa tools untuk mengatasi masalah ini. Dan recycle bin merupakan salah satu solusi bagi kalian yang secara tidak sengaja menghapus file ataupun data penting. Umumnya file yang kita hapus dengan perintah Delete tidaklah langsung hilang secara permanen. Ia hanya akan dipindahkan ke recycle bin saja.

Nah dengan fitur inilah yang bisa menyelamatkan data tersebut, silahkan kalian masuk ke dalam recycle bin (ada di desktop tampilan utama). Kemudian cari nama file yang sebelumnya secara tidak sengaja kalian hapus. Klik kanan lalu pilih restore, maka file tersebut akan kembali seperti sebelum kalian hapus tanpa ada kekurangan sedikitpun. Mudah bukan?

2. Gunakan Recuva.com

Jika ketiga cara diatas belum dapat mengembalikan data yang terhapus, maka terpaksa kita menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Ada sangat banyak aplikasi untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Kalian bisa mencoba Recuva, Undelete 360, MiniTool Partition Recovery atau Wise Data Recovery. Cara penggunaan aplikasi tersebut juga sangatlah mudah bahkan oleh pemula sekalipun. Sudah banyak orang yang berhasil mengembalikan data hilang dengan menggunakan beberapa aplikasi tersebut.

3. Coba Gunakan Fitur Windows

Jika kalian sudah mengecek ke dalam folder recycle bin namun tidak menemukan file milik kalian yang hilang, jangan putus asa. Masih ada banyak cara untuk mengembalikan data kalian yang terhapus. Kali in kita akan memanfaatkan fitur windows restore previous version, tools yang satu ini bisa kalian gunakan untuk mengembalikan kondisi folder ke waktu sebelum kalian menghapus berkas di dalamnya.

Klik Kanan > Cari ( Restore Previous Versions )

Konsepnya seperti memundurkan waktu sebelum kejadian tersebut terjadi, dengan ini maka file yang terhapus akan bisa dikembalikan. Caranya sangatlah mudah, kalian klik kanan pada folder tempat file yang hilang kemudian pilih restore previous version.

4. Coba Cari File Backup

Inilah kenapa saya tidak pernah lelah untuk mengingatkan agar selalu membuat file backup dari data-data penting yang kalian miliki. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti hilang atau corrupt, maka kita masih bisa mengembalikannya dengan cara mengcopy dari backup tersebut. Cobalah kalian ingat-ingat, apakah pernah membuat file backup atau cadangan dari berkas terebut. Misal saja di flashdisk, Compact Disk ataupun SDcard, jika iya maka data tersebut masihlah bisa diselamatkan.