7 CEO Perusahaan Teknologi Raksasa Yang Hanya Digaji 14 Ribu Perak!!

By | April 26, 2019

Masbloger7 CEO Perusahaan Teknologi Raksasa Yang Hanya Digaji 14 Ribu Perak!!Saat bekerja di satu perusahaan, tentu satu hal yang paling dicari oleh para pekerja adalah jumlah gaji atau salary.

Biasanya, semakin tinggi jabatan seseorang dalam perusahaan, maka semakin tinggi gaji yang didapat. Namun, berbeda dengan para CEO berikut ini.

Karena mereka hanya mendapat gaji serendah 0 dollar alias tidak mendapat gaji apapun dari perusahaan. Siapa saja mereka?

Yuk, simak daftarnya dan alasan mengapa CEO ini mendapat gaji yang sangat rendah.

7 CEO dengan Gaji Terendah di Dunia

CEO atau Chief Executive Officer merupakan salah satu jabatan tertinggi dari suatu perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengatur keseluruhan organisasi.

Walaupun menduduki jabatan tertinggi di satu perusahaan, ternyata tak selamanya CEO memiliki gaji yang tertinggi, geng.

Bahkan, CEO berikut ini dapat dikatakan memiliki gaji yang paling rendah di antara karyawan perusahaannya.

Gaji rendah yang diterima biasanya diatur sendiri oleh para CEO dengan alasan yang berbeda. Yuk, simak siapa saja mereka:

  • Meg Whitman, Hewlett-Packard

CEO dengan Gaji Terendah meg

Apakah kamu salah satu pengguna laptop Hewlett-Packard atau HP?

Tahukah kamu bahwa CEO-nya, Meg Whitman pernah menerima gaji hanya sebesar 1 dollar atau setara dengan Rp14 ribu.

Gaji ini diberikan kepadanya pada awal karir di HP, ia membangun kembali perusahaan ini menjadi lebih hidup.

Dikutip dari CIO, Meg Whitman yang saat itu masih menjabat sebagai komisaris, hanya mendapat gaji sebesar $1 dollar.

Berbeda dengan sekarang yang naik hingga 15 juta USD atau setara dengan Rp211 miliar. Mantap!

  • Jack Dorsey, Twitter

CEO dengan Gaji Terendah jack

Jack Dorsey, dikenal sebagai co-founder dari Twitter ini ternyata tak digaji apapun dari Twitter pada tahun 2015.

Akhir tahun lalu, CNBC melaporkan bahwa pada tahun 2018 Jack Dorsey hanya menerima gaji sejumlah 1,4 dollar atau setara dengan Rp19 ribu dari Twitter.

Ia adalah salah satu CEO yang memercayai untuk tidak menerima gaji dari perusahaan yang ia miliki.

Salah satu cara dia menghidupi kehidupan sehari-hari berasal dari uang penjualan perusahaan Square yang juga ia miliki, namun sudah dijual pada tahun 2018.

Menurut Forbes di tahun 2018, kekayaan Dorsey diperkirakan mencapai 4,7 miliar dollar atau setara dengan Rp66 triliun. Wow!

  • Mark Zuckenberg, Facebook

CEO dengan Gaji Terendah mark

Siapa yang gak kenal dengan Mark Zuckenberg, CEO Facebook. Siapa sangka bahwa pemilik salah satu sosial media terbesar di dunia ini hanya digaji 1 dollar per tahun.

Dikutip dari Business Insider, Mark Zuckerberg menerima gaji 1 dollar sejak tahun 2013. Jumlah uang yang ia terima ini bukan lain untuk membuat Facebook memiliki keuangan yang baik.

Tapi jangan salah sangka dulu! Mark Zuckerberg tetap mendapat biaya keamanan untuk dirinya sendiri dan keluarganya sebesar 20 juta dollar atau sekitar Rp282,3 miliar selama tahun 2018 lalu.

I've made enough money. At this point, I'm just focused on making sure I do the most possible good with what I have. The main way I can help is through Facebook - Mark Zuckerberg

  • Larry Ellison, Oracle

CEO dengan Gaji Terendah ellison

CEO selanjutnya yang menerima gaji rendah adalah Larry Ellison, dari Oracle. Oracle merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan sistem atau software untuk komputer.

Larry Ellison pernah menerima gaji sebesar 1 dollar selama 3 tahun berturut-turut dan menolak bonus sebesar 1,2 juta USD atau setara dengan Rp16 miliar.

Hal ini ia lakukan setelah perusahaannya gagal mencapai target finansial internal di tahun 2013. Kalau kamu jadi CEO-nya, diambil ga tuh bonusnya, geng?

  • Larry Page, Google

CEO dengan Gaji Terendah page

Co-founder dan mantan CEO Google, Larry Page hanya menerima gaji sebesar 1 dollar tiap tahun. Namun, ia tak sendiri, karena ada Sergey Brin yang juga co-founder Google hanya menerima gaji 1 dollar.

Dikutip dari Investopedia, pendapatan ini hanyalah simbolik saja, sebagian besar pendapatan diraih dari berbagai bonus dan berbagai kompensasi. Agen Poker Terpercaya

Di luar gaji Larry Page yang hanya 1 dollar per tahun, ia memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar 56.9 miliar dollar pada tahun 2019 ini, atau setara Rp700 triliun lebih.

  • David Filo, Yahoo

CEO dengan Gaji Terendah filo

Kamu masih ingat Yahoo? Meski kini sudah kalah jauh dengan Google, nyatanya ada saja cerita menarik dari perusahaan ini.

Co-Founder Yahoo, David Filo ini juga menerima 1 dollar dari perusahaannya. Walau begitu, kekayaan bersihnya mencapai 2,8 miliar USD atau setara dengan Rp39 triliun.

Ia pun tidak menerima kompensasi dan bonus apapun sejak kembali menjadi dewan direksi Yahoo.

Hal ini seperti menjadi tradisi di perusahaan Yahoo, karena CEO sebelumnya, Jerry Yang juga hanya menerima 1 dollar dari gajinya.

  • Jayson Adair, Copart

CEO dengan Gaji Terendah adair

Terakhir adalah Jayson Adair, seorang CEO dari perusahaan Copart yang bergerak dalam bidang lelang kendaraan secara online dan layanan pemasaran kendaraan bekas.

Dikutip dari Fox News, Jayson Adair menerima 1 dollar dari gajinya pada 2015, hal ini tak menjadi masalah mengingat kekayaan bersihnya sebesar 483 juta dollar atau sekitar Rp600 milyar rupiah lebih pada pertengahan 2018 lalu.