7 Browser Web Terbaik Cepat dan Ringan PC/Laptop

By | September 17, 2019
7 Browser Web Terbaik Cepat dan Ringan PCLaptop

7 Browser Web Terbaik Cepat dan Ringan PCLaptop

7 Browser Web Terbaik Cepat dan Ringan PC/Laptop – Banyak sekali browser yang bisa kalian gunakan untuk menjelajah atau aktivitas berselancar kalian sehari-hari di internet. Namun tiap web browser memiliki kinerja serta kelebihannya masing-masing. Ada yang memiliki kinerja lebih cepat, keamanan yang baik, atau fleksibilitas yang lebih besar dibanding browser lain.

Kalau kalian memilih yang mana? Apakah kalian sudah menggunakan browser terbaik untuk menunjang aktivitas kalian sehari-hari dalam berselancar di Internet? Banyak orang yang asal dalam menggunakan web browser dan mereka berpikir bahwa semua browser sama saja. Mereka pikir sudah menggunakan browser terbaik yang ada dan sudah nyaman menggunakan browser tersebut.

Namun apakah benar? Mungkin saja browser yang kalian gunakan bukanlah browser terbaik? Karena sudah terbiasa menggunakan browser tersebut kalian jadi merasa bahwa browser tersebut adalah browser terbaik. Padahal sebenarnya ada browser web yang lebih baik daripada yang sekarang kalian pakai. Dengan browser yang lebih baik tentu kegiatan berselancar di internet kalian jadi makin lancar.

Berikut ini sudah kami rangkum daftar browser terbaik yang bisa kalian gunakan untuk perangkat MacOS dan Windows kalian. Dan jika terdapat masalah dengan browser terbaik yang kalian gunakan, kalian bisa memakai alternatif browser yang lain karena daftarnya bukan cuma satu saja.

Kumpulan 7 Browser Terbaik, Terpopuler, dan Tercepat Tahun 2019

1. Mozila Firefox

Firefox baru-baru ini melakukan pembaruan terbesar mereka dalam 13 tahun, hal ini juga menjadikan mereka browser terbaik sekarang. Firefox dikenal karena fleksibelitas mereka serta adanya dukungan ekstensi yang dapat diinstall, namun bebera tahun ini mereka mulai tertinggal dari pesaing dalam segi kecepatan. Dirilis tahun lalu, Firefox Quantm mendapatkan rombakan total basis kode web, dengan kecepatan Firefox yang sekarang ini bisa dibandingkan dengen Google Chrome.

Firefox ini bukan cuma cepat di komputer dengan spesifikasi tinggi, namun juga cepat saat dipakai komputer dengan spesifikasi biasa atau standar. Hal ini karen Firefox membuat penggunaan RAM komputer menjadi lebih efisien meskipun banyak tab yang dibuka. Selaini tu, firefox juga mengerjakaan dengan serius dalam hal privasi para penggunanya. Mozila ini merupakan nirbala dimana tidak mempunyai dorongan untuk menjual data privasi kalian seperti pengembang browser yang lain.

Organisasi ini juga selalu melakukan pembaruan rutin guna membantu melindungi privasi para penggunanya, karena sekarang perusahaan internet sering melakukan pengawasan dengan menggunakan data orang. Ditambah lagi dengan dukungan terbaru untuk bisa login bebas kata sandi serta pemblokiran otomatis pelacakan iklan. Bahka di versi terbaru Firefox ini dibuat khusus untuk menjelajahi web dalam realitas virtual, Firefox juga sering merilis versi beta dari fitur-fitur yang mereka buat lewat program Test Pilot mereka.

2. Google Chrome

Lewat Chrome, Google membuat sebuah browser yang bisa ditingkatkan serta layak untuk mendapat gelar sebagai salah satu browser terbaik yang pernah ada, bahkan sampai sekarang ini. Menurut analisis dari trens browser w3schools, pengguna dari Chrome ini semakin bertambah banyak. Mengapa Chrome ini menjadi pilihan dari banyak pengguna Internet? Karena cross-platform nya yang stabil, serta disajikan secara brilian untuk menggunakan layar yang minim.

Ada banyak ekstensi yang bisa kalian gunakan dan install di browser Chrome ini. Jadi kalian bisa menginstall berbagai tools yang kalian perlukan dalam browser kalian. Ada juga dukunga untuk control orang tua serta berbagai penyesuaian dan pengaturan untuk membuat Google Chrome menjadi efektif dan maksimal ketika digunakan.

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, Chrome juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan browser ini adalah berat dalam penggunaan sumber daya, jadi browser ini tidak cocok digunakan untuk pc laptop dengan RAM yang terbatas serta kinerjanya juga tidak cocok untuk hardware low end. Selain itu, dengan tentakel Google yang menjalankannya, kalian mungkin akan merasa tidak nyaman dengan data penelusuran kalian yang dipakai.

Yang membuat menarik Chrome adalah Google membuat beberapa langkah untuk menjaga keamanan dan mendorong HTTPS dengan sangat keras. Vaiasi browser yang akan datang selanjutnya akan semain jelas saat sebuah situs tidak memakai enkripsi HTTPS, yang menjadi standar di semua web.

Selain itu, Chrome sekarang ini juga mendukung login bebas sandi seperti Firefox lewat WebAuthn. Baik itu untuk mengganti kata sandi yang lama sepenuhnya, atau sebagai bentk otentikasi dua factor. Chrome juga menawarkan berbagai fitur pengembang aplikasi web, seperti headset VR, dan kemampuan untuk bisa menggunakan input dari sensor layaknya sensor cahaya dan akselerometer perangkat kalian.

3. Opera

Sangat disayangkan bahwa browser Opera hanya mendapatkan kenaikan pengguna sekitar 1% saja dari pasar browser sekarang, padahal Opera merupakan browser dengan kualitas yang baik. Opera memiliki kinerja yang cepat, UI yang bersih, dan bisa melakukan semua hal yang dilakukan oleh para browser lainnya dengan tambahan beberapa fiur yang menarik.

Alasan utama kalian harus menggunakan browser Opera adalah dengan adanya fitur Opera Turbo di dalamnya. Fitur ini akan memampatkan lalu lintas web kalian, kemudian merutekan lewat server Opera, dengan ini kecepatan penelusuran kalian akan semakin meningkat meskipun kalian berada di pedesaan yang memiliki koneksi lambat.

Menggunakan Opera juga bisa mengurangi penggunaan data internet kalian sehingga dapat menghemat kuota kalian. Hal ini berguna ketika kalian menggunakan koneksi data, dan perutean ulang ini dapat menghindari semua pembatasan konten yang mungkin saja dilakukan oleh ISP kalian  saat sedang menjelajah yang sangat berguna untuk kalian. Opera akan secara otomatis menghidari ketika kalian mengunjungi situs aman seperti Bank, jadi kalian bisa bebas dari segala hal yang memungkinkan pelanggaran privasi.

Selain itu, di browser Opera ini juga ada fitur pemblokiran iklan terintegrasi, jadi kalian yang terganggu dengan adanya iklan bisa menggunakannya. Ada mode hemat baterai yang bisa membuat baterai laptop kalian jadi semakin tahan lama.

4. Microsoft Edge

Browser berikutnya ini sedikit ini, pasalnya browser ini merupakan browser default di Windows 10 yang tidak tersedia di system operasi Windows lama (sebelumnya). Hal ini karena Microsoft mempunyai dua browser dan kedua-duanya berjalan yaitu Internet Exploler dan Microsoft Edge.  Seharusnya pihak Microsoft manjdikan Edge ini sebagai browser utama dan terus mengembangkan browser ini supaya menjadi lebih ramah lagi.

Edge ini hadir dan langsung tergabung pada Windows 10, ini merupakan titik kuat dari browser Microsoft Edge. Browser ini berjalan dengan baik pada aplikasi modern, dapat bekerja juga pada mode tablet Windows 10, serta bekerja dengan Cortana. Edge sangalah efisien sebagai browser web saat ini, dengan menghilangkan protocol yang tidak aman seperti ActiveX yang memaksa kalian untuk membuka Internet Exploler ketika kalian ingin mengaksesnya.

Namun meskipun begitu, Edge ini sangatlah nyaman untuk digunakan. Browser ini super cepat, mode bacaannya juga terintegrasi yang membuat situs rumit jadi lebih enak untuk dibaca. Microsoft juga memastikan bahwa Edge ini tidak akan mengalami pelanggaran keamanan. Jadi kalian yang sangat memperhatikan kemanan akan cocok menggunakan browser ini.

Yang membuat Edge ini tidak disukai adalah karena browser ini sangat memaksa para penggunanya untuk memakai browser Edge di perangkat Windows 10. Mereka menjadikan browser ini sebagai default untuk membuaka link yang ada di aplikasi Mail, menambahkan shortcut ke desktop kalian setelah kalian melakukan pembaruan utama OS, dan menyajikannya untuk hasil untama ketika kalian mengetikkan “Firefox” di pencarian Cortana.

5. Microsoft Internet Explorer

Dulunya Microsoft Internet Explorer pernah menjadi browser yang sangat populer dan digunakan oleh kebanyakan orang. Namun Internet Explorer mengalami masa pasang surut sampai sekarang mendekam di bawah dua pesaing utamanya, yaitu Google Chrome dan Mozile Firefox. Hal ini terjadi karena sebagian merupakan pilihan karena Internet Exploler dirasa sudah tertinggal browser-browser sekarang.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan Internet Explorer 11, browser ini kuat, bersih, sangat kompatibel dan bahkan hanya memakai sedikit RAM dan CPU pc laptop kalian dibandingkan dengan browser Firefox dan Chrome.

Meskipun lebih ringan dan menggunakan RAM yang sedikit, bukan berarti Internet Explorer tidak memiliki kekurangan. Bisa dilihat bahwa browser ini tengah berjuang, Internet Explorer tidak mampu menangani ekstensi serta add-on sama seperti para pesaingnya. Oleh karena itulah, kalian bisa pilih mau menggunakan browser ini atau menggunakannya sebagai cadangan.

6. Vivaldi

Browser yang satu ini mungkin kurang terkenal jika dibandingkan dengan browser sebelumnya. Mungkin karena kita sudah terlalu terbiasa dengan browser kesayangan kita jadi kita tidak tahu akan browser pendatang baru yang satu ini. Padahal Vivaldi ini merupakan browser yang lumayan enak dipakai dan bisa membuat kalian merasakan pengalaman yang menyenangkan.

Semua struktur dan gaya antarmuka pada browser ini terserah kalian sepenuhnya. Kalian bisa menggunakan jendela utama untuk melakukan penelusuran utama, hal ini merupakan ide penumpukan tab yang sangat inovatif. Jadi kalian dapat mengelompokan tab serta memindahkannya untuk menghindari kerumunan tab yang biasanya terjadi saat menggunakan browser yang lain.

Vivaldi dibuat di atas Chromium, jadi kalian bisa mengembangkannya lebih jauh lagi dengan menggunakakn ekstensi yang ada di Toko Web Chrome. Kalian bisa pilih plugin kesukaan kalian dan menambahkan ke Chrome. Beberapa ekstensi akan terasa berbeda di Vivaldi, namun kalian tidak perlu khawatir karena sebagian besar akan berfungsi dengan semestinya.

Vivaldi ini merupakan web browser yang kreatif, menyegarkan, dan akan terus berkembang dalam beberapa tahun mendatang seiring dengan bertambahnya fitur-fitur yang ada di dalamnya.

7. Tor Browser

Browser web terbaik terakhir adalah Tor Browser, Browser ini lebih mengutamakan aspek privasi, dimana lalu lintas data kalian akan dialihkan lewat simpul acak di seluruh dunia, jadi akan sangat sulit untuk dilacak.

Top Browser ini sebenarnya merupakan paket alat, dimana Tor ini merupakan modifikasi dari Firefox Extended Support. Jumlah paket privasi yang ada digabungkan untuk membuat pengalaman penelusuran yang lebih aman yang bisa kalian rasakan. Kalian tidak bisa dilacak, data penelusuran tidak ada yang disimpan, kalian juga bisa melupakan tentang bookmark dan cookie pada browser ini.

Dengan browser ini identitas kalian akan aman dan tidak diketaui orang. Bagi kalian yang sangat mengutamakan privasi saat berselancar di internet dan tidak ingin ada yang tahu maka bisa menggunakan browser yang satu ini.