100% Berhasil!! Ikuti 5 Tips Jitu Menghindari Ghibah Saat Bulan Puasa

By | May 20, 2019
100% Berhasil!! Ikuti 5 Tips Jitu Menghindari Ghibah Saat Bulan Puasa

100% Berhasil!! Ikuti 5 Tips Jitu Menghindari Ghibah Saat Bulan Puasa

Masbloger100% Berhasil!! Ikuti 5 Tips Jitu Menghindari Ghibah Saat Bulan Puasa – Hayo disini siapa yang hobi ghibah atau ngomongin orang? Ssstt, jangan dilakukan lagi ya. Kamu tahu gak faktor yang menyebabkan puasa batal itu apa saja? Ternyata ghibah termasuk, lho.

Menjalankan ibadah suci Ramadan bukan hanya tentang menahan haus dan lapar saja. Kamu juga harus bisa menahan diri dari perilaku buruk salah satunya adalah ghibah.

Nah agar kamu terhindari dari yang namanya ghibah. Berikut Masbloger akan memberikan 5 cara menahan diri dari ghibah saat puasa. Dijamin 100% berhasil!

5 Cara menghindari Ghibah di Saat Bulan Ramadan

1. Menjauhlah Dari Obrolan Yang Tidak Bermanfaat

Biasanya kita sering lupa batasan ketika mengobrol dengan teman. Apalagi dalam situasi yang sedang asik-asiknya. Terkadang kita sering terbawa arus teman kita yang suka membicarakan orang lain. Untuk itu, jauhkan segera obrolan yang tidak bermanfaat. Lebih baik kamu mengobrol yang positif, seperti membahas materi pendidikan, dunia kerja, ataupun yang lainnya.

2. Hindari Tontonan Yang Tidak Mendidik

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat menunggu berbuka puasa adalah menonton tv. Bukan sekedar menonton saja, kamu juga harus memfilter tontonan mana yang layak ditonton atau tidak. Hindari tontonan yang memicu ghibah, seperti gosip, sinetron, atau yang lainnya.

Kamu bisa cari tontonan yang bermanfaat di bulan Ramadan ini. Bandar Poker P2PLAY Seperti tausiyah, tilawah, atau berita terkini.

3. Batasi Penggunaan Gadger

Bukannya melarang untuk bermain gadget ya, tapi lebih baik dibatasi di bulan Ramadan ini. Soalnya banyak sekali pemicu timbulnya ghibah, salah satunya di grup-grup media sosial. Jadi, lebih baik kamu gunakan waktumu untuk membaca Al-Quran atau memberikan takjil kepada orang yang lebih membutuhkan.

4. Perbanyaklah Beribadah

Dengan beribadah, tentunya kamu akan terhindari dari perbuataan negatif. Selain itu, kamu juga bisa menyempurnakan puasamu dengan menambah pahala di bulan suci ini.

Kita memang tidak bisa menghitung pahala yang didapat. Tapi setidaknya kamu sudah berusaha memaksimalkan kesempatan untuk mendapatkan pahala tersebut. Daripada kamu ngomongin orang sana sini, lebih baik kamu gunakan waktumu untuk mempertebal keimanan dan menjadikan ibadah di Bulan Ramadan ini menjadi sempurna.

5. Tumbuhkan Rasa Empeti Dalam Diri

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu menumbuhkan rasa empati dalam diri kita. Sebagai makluk sosial, sudah seharusnya kita peduli terhadap orang disekitar. Jika disekitarmu sedang ada yang mengalami musibah, pastinya kamu memiliki perasaan yang sama seperti mereka dan secara tak langsung kamu ingin membantunya. Dengan adanya rasa peduli atau empati, kamu akan meredam keinginan diri untuk membicarakan orang lain. Hati kamu akan terpanggil untuk tetap menjaga tali silahturahmi satu sama lain.

Empati juga menuntun kamu untuk melihat orang lain bukan hanya dari satu sisi saja. Namun membuka mata secara luas untuk melihat mereka dari banyak sudut pandang.